______ Let's ______

TRAVEL. DIVE. EAT. FLY. WRITE. 

_________ Because Everything is Awesome _________

 

 

 

May 12, 2014

14 days backpacking through Japan and Korea: 4 season journey

Semua yang saya liat selama 2 minggu!!!!!uwowwwwwwww!!!
Salah satu target destinasi saya sebelum umur 25 meskipun nyaris gagal gara-gara ga dapet cuti haha. tema perjalanan kali ini adalah "four season journey". Kenapa saya meberi nama kek gitu karena saya bener-bener melihat suasana 4 musim itu disana meskipun saya pergi ketika musim semi/spring dan cuma 2 minggu saja (19 April - 2 Mei 2014).Sebenernya ga sengaja juga sih, ntah hoki atau saya-nya yang emang jago haha, yang pasti target achieved!


yang pengen tahu, saya kemana saja, bagaimana caranya, apa yang terjadi atau cuma mau lihat-lihat foto, silahkan klik link-link di bawah ini:

Japan Chapter
Korea Chapter
Map Backpacking Japan-Korea
Map Backpacking Japan-Korea2
Rute Perjalanannya kira kayak diatas tapi hiroshima & Miyajimanya kelupaan. Ribet juga ya

Persiapan
Persiapan yang saya lakukan untuk perjalanan ini cukup panjang kira start planning setahun sebelum berangkat karena ada tiket promo jadi kalap dah beli tiket haha. Mulai dari beli tiket, bikin visa, research tempat sampai barang bawaan harus direncanakan sebelumnya biar nanti disananya memang sesuai rencana/itenary. Komunikasi di jepang memang cukup sulit. Kebanyakan orang Jepang tidak lihai berbahsa inggris tapi mereka akan senang membantu meskipun dengan bahasa tubuh. Banyak Rambu-rambu dan informasi yang sudah dilengkapi dengan bahasa inggris dan tulisan Romanji tapi semakin terpencil tempatnya semakin sulit.
Prinsip saya :


Beli tiket itu bukan cuma asal promo dan asal murah. hal yang paling penting adalah ada apa dan apa yang bisa kita nikmatin di tanggal tersebut. 

1. Tahapan pertama adalah apa yang mau dilihat?


Berhubung saya pengen liat bunga sakura yang fenomenal itu dan Jepang memang surganya bunga sakura jadi musim yang saya incar adalah musim semi. Bunga sakura biasanya mekar sekitar akhir maret sampai tengah april untuk kota-kota utama seperti Kyoto, Osaka, Nagoya dan Tokyo. Sayangnya untuk tanggal-tanggal segitu harga tiket biasanya mahal. Ada kesempatan lain untuk melihat sakura setelah tengah april yaitu dengan pergi ke daerah yang tinggi atau pergi menuju utara. Semakin utara Full bloom semakin lambat ketibang kota-kota di selatan

2. Ada tiket murah?

Pengalaman saya ga perlu nunggu ada pengumuman promo supaya dapet tiket murah. Sering-sering aja check harga tiket di range waktu berangkat biasanya kalau hoki sering dapet harga murah yang sama kayak ketika promo. Saya memilih minggu ke 3 april karena harga tiket yang jauh lebih murah.
Beli PP atau satuan? kalau saya sendiri lebih memilih beli satuan karena seiring dengan pembuatan itenary kadang sering dapet tempat-tempat menarik yang ga disangka-sangka sebelumnya dan juga ngeluarin duitnya ga kerasa haha..ini yang bahaya. Lah perjalanan ini malah ujung-ujungnya kepikiran balik via Korea. Urutan pembelian tiket saya seperti dibawah:
  • April 2013 book tiket Airasia KL-Osaka  1.1 juta
  • July 2013 Book tiket Airasia Busan-KL 1.2 juta 
  • Januari 2014 book tiket Seoul-Jeju (Jeju air)  dan Jeju-Busan (Busan Air) total 2 tiket 900rbu!! haha
  • February 2014 book tiket Peach air Osaka-Seoul 900rbu. ini tiket yang bikin galau soalnya harus nunggu promo padahal mau bikin Visa 
Jepang sendiri ada beberapa low cost carrier yaitu Peach air, Jetstar dan Vanilla air (Katanya ex Airasia). Basenya Peach air itu di osaka jadi kalu mau terbang domestik atau internasional via osaka, ini bisa jadi pilihan. Vanilla air, basenya di Tokyo. Kalau promo bisa sampai 2000 JPY !!!! 

3. Apa gaya Travellingmu?

Ini penting buat ngembangin Itenary dan perlengkapan pendukung. Saya sendiri tipikal orang yang mau liat banyak, biaya rendah dan waktu mepet haha. banyak maunya. Gara-gara tipikal saya gini saya memutuskan buat beli Japan Rail Pass. Apa Japan Rail pass itu? intinya sih ini tiket terusan buat make semua transporatsi dibawah JR termasuk Shinkansen...uwooooww. Tiket ini bisa di pake buat naik Shinkansen tanpa batas dari ujung ke ujung. JRPass ada berbagai jenis tergantung berapa hari masa berlakunya. Kemaren sih saya beli yang 7 hari seharga 29000 yen. Lumayan mahal sih tapi dari pada beli ketengan yang jatuhnya lebih mahal dan memakan waktu banyak. Shinkansen pun harganya bisa ratusan ribu atau jutaan rupiah sekali naik. Lah kemaren saya naek ampe 6 kali haha. Menurut saya ini tiket worthed kalau mau keliling jepang dalam waktu singkat. kemaren Saya  bisa 9 kota dalam 8 hari...mantaph kan!!!

4. Ngapain bikin itenary?

Itenary penting terutama buat kalau mau liat banyak, biaya rendah dan waktu mepet. Biasanya dalam pengembangan itenary, kita harus sering2 browsing di internet, cari tempat yang oke, cara kesana gimana, tinggal dimana dan berapa lama disana. Ada situs ajaib buat yang mau merencanakan ke Jepang, http://www.japan-guide.com/. Di situs ini infonya lengkap, dari A-Z dan bener-bener up to date.  Disinilah saya nemuin Tateyama, Gunung yang masih ada saljunya dengan ketebalan sampai 10-15 meter!!!!  dan untungnya tanggal yang pas sama waktu saya berangkat. Tipikal Itenary saya kayak di bawah ribet sih emang haha

Itenary yang belom jadi

5. Apa yang perlu di bawa?

Yang paling penting VISA tapi kabar anginnya sih 2015 bakal free visa tapi siapa yang tau. Buat visa sih gampang aja tinggal bawa dokumen trus pergi ke kedubesnya. Jangan terlalu parno duluan kalau bikin visa, kalau semua dokumen lengkap, submit trus berdoa saja. Untuk Visa jepang harganya Rp 350.000 jadinya 3 hari dan visa korea Rp 450.000 jadinya 4 hari. Semakin lama jadinya semakin lama kali ya ...kalau di logika-in haha.
Kalau barang pribadi, saya bawa seperlunya saja malah di banyakin makanan, bisa indomie, tempe kering dan makanan kering lainnya. Semua hostel di Jepang biasanya disediakan dapur buat masak sepuasnya. Lumayan buat hemat biaya makan dan jaga-jaga karena di Jepang dan Korea agak susah cari makanan halal. Jangan sampai gara-gara bingung cari makan akhirnya yang ga halal pun jadi pilihan jadi perlu direncanakan buat strategi makanannya
IMG_20140420_154014
Barang bawaan temen

IMG_20140420_153042
Barang bawaan temen juga..haha



















6. Tinggal dimana?
Banyak cara buat alternatif penginapan di Jepang dan Korea. Saya kemaren sempet Nyobain berbagai tempat tinggal seperti hostel, kamar teman, bandara dan warnet.Warnet menarik untuk dijadiikan alternatif soalnya jatuhnya lebih murah kalau hitungannya per jam. Fasilitasnya pun luar biasa mulai dari internet, minum gratis dan bisa baca buku meskipun bentuknya bukan kasur tapi bantal dan bisa selonjoran juga udah cukup lah. Banyak orang-orang jepang yang pulangnya kemaleman pada tinggal di Warnet sedih pisan haha. 


Dikarenakan Semuanya sudah oke, saatnya menikmati Jepang dan Korea!!!!



1 comment: