______ Let's ______

TRAVEL. DIVE. EAT. FLY. WRITE. 

_________ Because Everything is Awesome _________

 

 

 

June 2, 2011

Sasando, alat musik kita juga keren!

Beberapa hari yang lalu, saya sempat menonton acara di tvone. Acara yang bertajuk memperingati hari kebangkitan nasional. Segala hal tentang karya anak bangsa ditampilkan disana baik mobil hemat energi hingga pemuda berprestasi. Ada satu bagian yang sangat membuat saya kagum yaitu seorang pemuda yang berprestasi melalui alat musik sasando. Sebuah alat musik mengatakan bahwa kebudayaan di negeri kita itu sangat keren


Apa itu Sasando?

Sasando merupakan alat musik instrumen petik yang berasal dari pulau Rote, Nusa tenggara Timur. Sasando berasal dari kata pada bahasa Rote, Sasandu yang berarti alat yang bergetar dan berbunyi. Konon Alat musik ini digunkan di kalangan Rote sejak abad ke 7. 



Suara yang dihasilkan pun sangat luar biasa. Jika dibandingkan dengan Piano, Harpa dan Gitar plastis sudah jelas ketiga alat itu kalah deh.... karena Sasando mampu menghasilkan kombinasi suara dari ketiga alat itu. Sasando pun bukan sekedar harpa, piano atau gitar , tetapi tiga alat musik dalam satu rythm, melodi dan bass.  Hal tersebut berarti universalitas Sasando berlaku menyeluruh. 

Sasndo sendiri memiliki sangat banyak senar yaitu  28 senar (Sasando Engkel) , 56 senar (Sasando dobel) bahkan ada yang 84 senar. dengan senar sebanyak itu kayaknya cukup untuk menghasilakan musik yang berkualitas tampa bantuan alat musik lain. Senar-senar tadi diikat pada tabung yang terbuat dari bambu secara melingkar. Penahan senar pun terbuat dari bambu. rangakaian tadi kemudia disatukan dengan daun gebang yang dibuat melingkar. Daun gebang ini berfungsi untuk memantulkan suara. Jika dilihat sepintas memang tidak seperti alat musik karena bentuknya yang unik...tapi sudahlah wajah memang bisa menipu kok.

Anehnya, alat musik sehebat ini sangat tidak dikenal oleh masyarakat sendiri bahkan saya pun baru tahu pas nonton acara tadi. Alat ini sempat diberitakan kalau alat musik ini hampir ditinggalkan. Berutunglah masih ada orang-orang yang mau peduli dengan kebudayaan yang sangat hebat ini. Kini  alat musik ini sudah menjelajah ke negeri jepang bahkan sempat dikolaborasikan dengan Shamishen. Shamishen merupakan salah satu alat musik yang berasal dari jepang.



Kalau dilihat-lihat Sasando lebih keren ey!


1 comment: