______ Let's ______

TRAVEL. DIVE. EAT. FLY. WRITE. 

_________ Because Everything is Awesome _________

 

 

 

April 29, 2011

[documenter] inconvenient truth & the great global warming swindle


The Inconvenient Truth adalah sebuah film pemenang Academy Award dalam kategori film dokumenter tentang perubahan iklim (khususnya yang diakibatkan pemanasan global) dan dibawakan oleh mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore dan diarahkan oleh sutradara Davis Guggenheim.
The great global warming swindle dibuat oleh Martin durkin seorang produser televisi inggris dan beberapa narasumber dari ilmuwan, penulis dan masih banyak lagi. Tema yang diangkat hampir sama dengan film sebelumnya yaitu global warming.
lantas apa yang membedakan antar kedua dokumenter ini????
An Inconvenient Truth berkata bahwa aktivitas manusia bertanggung jawab atas global warming sedangkan…
The great global warming swindle justru membantah pertanyaan tersebut…
Global warming terjadi salah satunya akibat keberadaan gas rumah kaca. CO2 termasuk gas rumah kaca. gas yang sangat familiar oleh manusia ,bukan? CO2 berupakan sisa pembakaran (sisa pembakaran lain bisa berupa H2O atau gas lainnya bergantung dari kualitas pembakarannya) misalnya pembakaran pada kendaraan bermotor sampai pembangkit listrik. lantas apakah CO2 ini memang berpengaruh besar???? kedua dokumenter ini memiliki pendapatnya masing.
salah satu cuplikan dokumenter inconvinient truth adalah penelitian tentang kadar karbon dalam es.  Sample es yang diambil dari daerah kutub, digunakan untuk meneliti kadar karbon yang dibawa oleh air hujan dari udara setiap tahunnya. es tersebut kemudian dibawa ke laboratorium dan menghasilkan sebuah grafik yang tampak membosankan.
Algore, mantan wakil presiden Amerika, membandingkan dan mempresentasikan grafik karbon-tahun tersebut dengan grafik temperatur-tahun. Grafik temperatur-tahun ini menggabarkan bagaimana harga temperatur bumi pada tiap tahunnya. walhasil…..kedua grafik tersebut memiliki corak yang hampir sama dan kesimpulan awal bahwa kandungan karbon di udara memang mempengaruhi global warming. kita ambil contoh ketika masa-masa revolusi industri dimana ketika itu tenaga manusia mampu digantikan oleh mesin uap dan bagaimana pun juga mesin uap itu perlu dipanasakan. panas dihasilkan tidak lain adalah dari pembakaran bahan bakar sehingga ketika itu memang kadar CO2 dalam udara meningkat. kedua grafik itu memiliki orientasi yang sama yaitu naik dan hal ini jelas berhubungan aktivitas manusia.

banyak hal lain yang dipresentasikan algore mulai dari sindiran terhadap dua negara yang tidak mau menandatangani protokol kyoto, budaya orang-orang barat yang begitu borosnya dengan energi bahkan tentang kehidupan algore sendiri. ada sebuah quote yang saya suka yaitu
Producing cigarrete is producing cancer
memang tidak begitu nyambung dengan yang dibahas sebelumnya cuma rokok selain menghasilkan CO2 juga menghasilkan kanker bagi perokok aktif ataupun pasif…..dan itulah penyakit yang mengakibatkan anak laki-laki algore wafat.
sekarang mari beralih ke dokumenter yang kedua, the great global warming swindle. aktivitas manusia bertanggung jawab dengan terjadinya global warming adalah penipuan besar. Asap dari letusan gunung api memiliki kadar gas rumah kaca yang lebih tinggi dibandingkan gabungan antara CO2 yang dihasilkan oleh aktivitas manusia dengan pernafasan seluruh mahluk di bumi. itulah salah satu ungkapan yang menurut saya sangat mencengangkan. Global warming tidak lain adalah salah satu proses yang memang terjadi di bumi ato bisa dibilang kejadian alami. Beberapa Ilmuwan dari MIT mengatakan bahwa global warming sangat dipengaruhi oleh aktivitas matahari dan keberadaan awan (awan juga salah satu gas rumah kaca) yang dipengaruhi oleh sinar kosmik .
dokumenter ini membatah kesimpulan yang diambil dengan membandingkan kedua garfik sebelumnya dan beragumen bahwa ada kepentingan ekonomi dibalik penyebarluasan isu anthropogenic global warming.
Lantas argumen yang mana harus kita pilih????? inconvinient truth???? the great global warming swindle????
dan Apakah ada diantara kedua dokumenter tersebut terselubungi oleh kepentingan ekonomi dan politik??? ataukah kedua argumen tadi memiliki kebenaran yang sama????