______ Let's ______

TRAVEL. DIVE. EAT. FLY. WRITE. 

_________ Because Everything is Awesome _________

 

 

 

April 29, 2011

Celetukan di "Alangkah Lucunya Negeri Ini"


Film karya Deddy Mizwar ini bercerita tentang seorang lulusan sarjana manajemen yang ga dapet-dapet kerja. Dia bernama Muluk yang berusaha untuk mengubah para pencopet menjadi memiliki profesi yang halal. Film ini benar-benar menggambarkan betapa lucunya negeri ini dan sangat menyindir negeri ini.

Film ini temen-temen bakal melihat kenyataan yang memang terjadi di negeri ini. Para lulusan sarjana yang tidak dapet pekerjaan dan menjadi penjudi. anak muda yang mencari peruntungan lewat kuis-kuis ga jelas di TV. orang-orang yang percaya sama ramalan-ramalan. Caleg yang kerjaannya cuma ngumbar-ngumbar janji. Para ustad-ustad yang seharusnya dihargai malah hidup dalam kemiskinan. Para anak-anak yang harusnya mengenyam pendidikan malah harus mencari uang dengan mencopet pula (di ending disinggung UUD tentang fakir miskin yang dilindungi negara….lupa UUD berapa ya..hehe) bahkan endingnya sendiri sungguh mengenaskan bagaimana orang yang membela para fakir miskin malah ditangkep satpol pp
Biarkan mereka ngasong, mereka hanya ingin mencari uang dengan cara yang halal. Yang seharusnya kalian tangkap adalah para KORUPTOR, KORUPTOR  yang telah memiskinkan kalian.
(Teriak Muluk sambil melindungi para anak-anak pengasong)
Dan yang paling saya suka itu bagaimana film ini menyinggung tentang pendidikan juga. pendidikan itu penting ato ga sih???? nah loo?? apakah belajar selama 15an tahun itu hanya sia-sia???
Samsul : “Loe suruh gue ngejelasin penting pendidikan, gue sendiri ga yakin pendidikan itu penting (padahal seorang sarjana pendidikan)
Muluk : “Sejak kapan?”
Samsul : “Sejak gua lulus kuliah….gua mau nyari duit…trus ngelamar jadi guru..ehhh.. malah dimintain duit duluan”
” percuma kan pendidikan gua!? “
Muluk : ” kalo sekarang loe berpikir pendidikan itu ga penting, sudah terlambat…….loe udah rugi waktu rugi biaya”
Samsul : “waktu gua kuliah…gua pikir pendidikan itu penting…tapi setelah gua keluar kuliah gua baru ngerti kalo pendidikan itu ga penting”
Muluk : ” nah itu hasil pendidikan, kalo loe ga berpendidikan loe ga tau kalo pendidikan itu g a penting….makanya  pendidkan itu penting”
pendidikan itu Penting tapi…..
Banyak orang-orang yang tidak sekolah berkata bahwa pendidikan itu tidak penting karena tidak menjamin bakal dapet kerja ato jadi orang kaya
Banyak orang-orang yang sekolah berpikir bahwa dengan sekolah mereka bakal mendapat pekerjaan yang layak
Pola pikir seperti ini lah yang berkembang sekarang…barangkali sejak SD kita cuma diajari bagaimana mendapat nilai yang bagus (kalo mahasiswa ya bagaimana dapet pekerjaan layak dan gaji gede) bukan untuk apa kita belajar ini itu ini itu.


No comments:

Post a Comment